Minggu, 04 Maret 2012

Dampak Buruk Softdrink bagi Kesehatan

 

Siapa yang belum pernah minum salah satu produk softdrink??? Nikmat dan memang menyegarkan bukan...
Tapi tahukah kita bahwa dalam jangka panjang, terlalu banyak mengkonsumsi minuman seperti ini bisa menyebabkan penyakit. Berikut beberapa penyakit yang ditimbulkan dari softdrink :

1.   Obesitas atau kelebihan berat badan.
Disebabkan karena minuman bersoda umumnya memiliki  calori yang tinggi,dimana calori  tinggi tersebut berasal dari gula. Dan biasanya, berat badan pecandu minuman softdrink bisa lebih dari 75%  dari berat badan normal. 

2. Diabetes Mellitus
Disebabkan oleh gula yang terkandung dalam setiap kemasan softdrink tersebut. Dalam minuman softdrink berukuran 300ml misalnya, paling tidak mengandung kalori yang setara dengan 7-9 sendok makan gula. Padahal kebutuhan kalori  normal hanyalah 2-3 sendok makan gula perhari.
Bagaimana dengan sofdrink dengan produk soda diet? Standar yang dianjurkan adalah pemanis dari gula tebu (sukrosa). Tapi pada softdrink, produsen biasa menggunakan aspartame/sukralosa yang merupakan pemanis sintesis yang biasa disebut dengan gula diet.
Jika soda diet ini dikonsumsi terus-menerus, maka akan merangsang kita untuk minum/makan-makanan yang manis-manis.

3. Meningkatkan keasaman
Kandungan dalam softdrink yang membuat sakit adalah tingkat keasaman minuman ini yang berkisar antara 2,5 – 3,5. Hal ini dapat meningkatkan asam lambung kita yang berujung pada sakit maag.

4. Osteoporosis
Tubuh kita akan menetralisir asam dengan mengambil Calcium yang ada dalam tubuh. Akibatnya kalsium yang seharusnya digunakan untuk tulang dan gigi menjadi tidak mendapat asupan kalsium yang cukup sehingga tulang kita akan keropos (Osteoporosis) dan gigi kita akan rusak.

5. Batu Ginjal
Kalsium yang diserap oleh tubuh yang digunakan untuk menetralisir asam akan menumpuk pada ginjal atau salurannya karena tubuh tersebut sulit mencerna kalisum. Tumpukan tersebut akan semakin banyak dan mengkristal yang menyebabkan batu ginjal yang membuat kinerja ginjal berkurang dan memicu gagal ginjal.

6. Jantung Koroner
Disebabkan kandungan kafein yang berlebihan pada softdrink berjenis cola atau coffee cream.

7. Pemicu kanker
Disebabkan karena bahan pengawet, zat pewarna dan perasa sintetis. 

Kini, bagaimana?? Masih ingin mengonsumsi softdrink?? 
Mulailah dan budayakan hidup sehat mulai dari sekarang, dan sayangi tubuhmu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar